Jumat, 12 April 2019

Mau Kirim Barang ke Luar Negeri, Baca Dulu Panduan ini



Kirim barang ke luar negeri lewat apa, Berapa lama waktu kirimnya, apakah kena pajak, bagaimana cara kirimnya, berapa biaya kirimnya, pakai ekspedisi apa yang bisa kirim barang ke luar negeri. Pada kesempatan ini kami akan menjawab pertanyaan anda sekaligus memberikan panduan bagi anda sebelum mengirim paket ke luar negeri.
Sebelum mulai menjawab pertanyaan anda, panduan tentang kirim barang ke luar negeri ini fokus pada pengiriman via udara terutama di ATHA EXPRESS. Untuk pengiriman lewat jalur laut akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Supaya tidak terlalu panjang dan anda tidak bosan membacanya.

Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat Apa

Pertama kami akan menjawab pertanyaan tentang kirim barang lewat apa. Kirim barang ke luar negeri dari Indonesia ada dua jalur yaitu kirim lewat laut atau udara. Pengiriman barang ke luar negeri lewat jalur laut (kapal) biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang dengan jumlah besar atau kuantitasnya banyak, ada minimal kubikasi yang ditetapkan pihak ekspedisi untuk pengiriman kurang dari satu kontainer, waktu kirimnya lebih lama, biaya kirimnya lebih murah, tidak bisa kirim retail atau kiloan. Sedangkan pengiriman ke luar negeri lewat jalur udara (pesawat) bisa digunakan untuk pengiriman barang yang beratnya ringan sampai yang berat, waktunya jauh lebih cepat daripada lewat laut, biayanya lebih mahal daripada lewat laut, bisa kirim retail walaupun berat kurang dari 1 kilo, prosedurnya lebih mudah daripada lewat laut.

Berapa Lama Kirim Barang ke Luar Negeri

Pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh masyarakat yaitu berapa lama waktu kirim barang ke luar negeri. Lama waktu pengiriman barang ke luar negeri dari Indonesia lewat udara tergantung ekspedisi dan service yang anda pakai. Lama waktu bisa berbeda antara ekspedisi luar negeri yang satu dengan yang lain. Jika anda memakai jasa Atha Express lama waktu kirim hampir sama untuk semua negara. Berikut ini adalah Lama waktu kirim barang ke luar negeri di Atha Express :
  1. Service Super Express : lama waktu pengiriman 1-2 hari sampai
  2. Service Express    : lama waktu pengiriman 3-4 hari sampai
  3. Service Economy : lama waktu pengiriman 5-7 hari sampai
  4. Service Super Economy : lama waktu pengiriman 7-10 hari sampai

Apakah Kirim Barang ke Luar Negeri kena Pajak

Pertanyaan yang sangat banyak ditanyakan oleh masyarakat yaitu apakah kirim barang ke luar negeri kena pajak? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Mengenai pajak untuk kiriman barang ke luar negeri ini tergantung Kebijakan Bea Cukai di negara tujuan kiriman paket anda, jenis barang yang anda kirim, tujuan pengiriman anda untuk apa, nilai barang yang anda kirim. Biasanya untuk pengiriman barang yang kegunaannya untuk sample, hadiah/gift, digunakan untuk keperluan pribadi dengan nilai yang kecil tidak dikenakan pajak. Tapi ingat ya, kembali kepada kebijakan masing-masing negara tujuan pengiriman anda. Yang perlu anda ketahui Pemerintah Indonesia tidak mengenakan pajak untuk barang yang dikirim ke luar negeri, yang mengenakan pajak yaitu Bea Cukai Negara Tujuan. Jadi yang bayar pajak adalah penerima paket, bukan pihak pengirim.

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri

Pertanyaan selanjutnya yaitu Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri. Mengenai Cara kirim barang ke luar negeri ini akan kami ringkas langkah-langkahnya seperti berikut ini :
  1. Pastikan barang yang anda kirim bukan merupakan barang berbahaya atau terlarang (seperti narkoba, senjata tajam, senjata api, zat kimia berbahaya, dsb)
  2. Mencari Ekspedisi yang bisa mengirim ke luar negeri (pilih ekspedisi yang sudah pengalaman dan terpercaya)
  3. Konsultasikan barang yang akan anda kirim (jelaskan jenis barangnya apa, nilai barangnya berapa, tujuan pengirimannya untuk apa, negara tujuannya, lama waktu pengirimannya, dsb)
  4. Tanyakan berapa tarif pengiriman paket anda ke pihak ekspedisi.
  5. Packing paket anda seaman mungkin untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman.
  6. Kirim atau serahkan paket anda ke pihak ekspedisi.
  7. Minta resi pengiriman atau tracking number paket anda
  8. Pantau atau Lacak Kiriman Paket Anda
  9. Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ATHA EXPRESS - SOLUSI JASA PENGIRIMAN PAKET BARANG DAN DOKUMEN KE LUAR NEGERI MURAH, CEPAT, AMAN, TERPERCAYA  - TELP/WA : 081-83-777-49